Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I TA 2024 Dibuka Bupati

Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I TA 2024 Dibuka Bupati


Rakyatmerdekanews.com,Purworejo – Balai Latihan Kerja (BLK) Purworejo kembali membuka Pelatihan berbasis kompetensi angkatan I dana Tahun anggaran(TA) 2024 dibuka. Pembukaan ditandai dengan penyerahan pakaian seragam kerja secara simbolis oleh Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH kepada peserta Pelatihan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Balairung BLK, Kamis (15/2/2024).

Turut hadir mendampingi Bupati Kabag Prokopim Setda Purworejo Ulik Sri Widiatmi, Ka. Dintransperinaker Ir. Hadi Pranoto, Kepala BLK, Sudarman S.Sos, dan para pesrta pelatihan, serta undangan lainya.

Dalam sambutanya Bupati mengatakan tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja yang terus bertambah secara signifikan merupakan sebuah tantangan dan pekerjaan rumah bagi Pemerintah. Kondisi ini menuntut pemerintah dalam hal ini Balai Latihan Kerja, harus kreatif membuat program-program yang berbasis kebutuhan industri, ketrampilan hidup atau program lainnya guna menekan angka pengangguran, Pemkab menganggap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini para pencari kerja, sebagai langkah strategis,” kata Bupati.

Dengan membekali tenaga kerja dalam penguasaan ketrampilan, kata Bupati, diharapkan dapat digunakan untuk mencari nafkah dengan bekerja di perusahaan, atau membuka usaha sendiri sebagai wira usaha mandiri.
“Untuk itu, pemerintah berupaya menjalankan program–program ketenagakerjaan yang disesuaikan dengan kekuatan anggaran dan dukungan melalui dana APBN mitra BLK Surakarta, berdampingan dengan APBD Kabupaten Purworejo,” jelasnya.

Bupati menyebut bahwa peningkatan keterampilan bagi pencari kerja sangat penting bagi peningkatan kualitas SDM yang maju, mandiri, profesional dan kompetitif terhadap perkembangan zaman.
Disamping itu, pendidikan vokasi dalam hal ini SMK juga berperan penting dan sejalan dengan pelatihan vokasi. Sehingga perlu dibentuk Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi,”ujarnya..

Sementara itu Kepala UPT BLK Dinas Perindustrian,Transmigrasi dan Tenaga kerja Purworejo Sudarman S Sos dalam laporanya menyatakan, selaku penyelenggara Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi angkatan 1 (satu) dana APBN tahun anggaran 2024 bertujuan ubmntuk meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja di Kabupaten Purworejo.Dengan harapan setelah selesai mengikuti Pelatihan keterampilan Berbasis Kompetensi ini dapat memberikan keterampilan dan keahlian kepada peserta pelatihan diberbagai jurusan yang dilaksanakan/ dibuka, agar setiap lulusan pelatihan dapat mengisi lowongan kerja sesuai kebutuhan pasar kerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sudarman mengatakan,bahwa dengan melakukan pelatihan, peserta mampu menciptakan lapangan kerja secara mandiri, bisa menambah pengetahuan dan mempunyai skiil sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang pada akhirnya bisa
mengurangi angka pengangguran Khususnya di Kabupaten Purworejo,” kata Sudarman.

Peserta Pelatihan ketrampilan Berbasis Kompetensi sebanyak 4 Paket dengan jumlah peserta 15 orang per paket. Empat paket kejuruan tersebut meliputi:
Kejuruan Pembuat Roti dan Kue.
Kejuruan Menjahit Pakaian Wanita Sesuai Style
Kejuruan Pengelola Administrasi Perkantoran dan
Kejuruan Pembuatan Desain Grafis Muda.

Untuk Kejuruan Pembuat Roti dan Kue akan dilaksanakan selama (22 hari )/ 140 JP
Kejuruan Menjahit Pakaian Wanita Sesuai Style, Kejuruan Pengelola Administrasi Perkantoran,
dan Kejuruan Pembuatan Desain Grafis Muda masing-masing selama (37 hari)/ 260 JP;
“Untuk pelatihan keterampilan berbasis kompetensi dengan Kejuruan tersebut biaya dibebankan pada APBN 2024,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Kadinperinaker Hadi Pranoto mengatakan bahwa terlaksananya pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi ini, karena adanya sinergitas antara instruktur dan peserta, sehingga pelatihan berjalan lancar sesuai yang diharapkan.
Setelah dinyatakan lulus nanti, para peserta mempunyai dua pilihan, bersaing di dunia kerja atau berwirausaha,”pesannya. (Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *