TAJUK  

Pentingnya Literasi Sains di Era Modern Society 5.0 Menuju Indonesia Emas 2045

Rakyatmerdekanews.com, Tegal – Saat ini dunia sudah akan memasuki era society 5.0 yang menandakan manusia harus bisa beriringan dengan perkembangan teknologi. Pentingnya literasi sains ini yang membuat generasi Z akan bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang ada.

Kedua faktor tentang pentingnya literasi sains dengan perkembangan era society 5.0 tidak bisa kita pisahkan. Pasalnya, manusia harus memiliki kemampuan yang harus beriringan dengan teknologi.

Bersumber dari National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine (2016), Literasi sains adalah kemampuan individu untuk menggunakan pengetahuan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, menemukan atau mencari pengetahuan ilmiah, dan memahami dan menjelaskan penjelasan ilmiah tentang alam semesta yang dihasilkan dari penelitian ilmiah.

Sedangkan era society 5.0 menurut World Economic Forum (WEF) adalah tahap evolusi masyarakat yang berasal dari era sebelumnya, yaitu Society 4.0 (era digital). Era ini didorong oleh integrasi teknologi fisik, digital, dan biologis, di mana manusia dan mesin bekerja sama untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan kualitas hidup.

Mengapa kita penting mempelajari literasi sains untuk menghadapi era society 5.0 Berikut beberapa penjelasannya untuk Anda.

Pentingnya literasi sains untuk generasi muda

Mempelajari tentang literasi sangat penting karena berkaitan dengan kemampuan untuk membaca, memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi. Selain itu juga pengetahuan sains untuk membuat keputusan yang tepat dan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan kita saat ini, kita selalu memanfaatkan teknologi dalam berbagai hal.

Kegiatan kita yang memanfaatkan teknologi seperti bekerja di komputer, mengakses infomasi lewat internet bahkan sekedar membuka media sosial. Dengan hal ini lah kita harus mempelajari tentang literasi sains untuk kehidupan mendatang.

Memadukan antara literasi sains era society 5.0 akan membuat kita akan lebih bisa menghadapi masa depan. Ada beberapa poin tentang pentingnya literasi sains untuk era society 5.0.

1. Lebih memahami alam menggunakan teknologi

Dalam era Society 5.0, terjadi kemajuan teknologi yang signifikan seperti kecerdasan buatan, robotika, Internet of Things, dan komputasi awan. Memahami literasi sains memungkinkan individu untuk memahami prinsip-prinsip dasar di balik teknologi ini, sehingga mereka dapat menggunakan teknologi dengan lebih efektif dan memaksimalkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pengambilan keputusan lebih rasional

Di era Society 5.0, terdapat kelimpahan informasi dan data. Menguasai literasi sains memberikan kemampuan kritis untuk mengevaluasi informasi dan membuat keputusan yang berdasarkan pada bukti ilmiah yang solid. Hal ini membantu individu untuk menghindari pemikiran yang terpengaruh oleh bias dan membuat keputusan yang rasional dalam situasi yang kompleks.

3. Pentingnya literasi sains meningkatkan daya saing di pasar kerja

Dalam era yang semakin terhubung ini, keahlian teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi sangat penting. Menguasai literasi sains memberikan keunggulan kompetitif di pasar kerja. Kemampuan untuk memahami dan beradaptasi dengan perubahan teknologi memungkinkan individu untuk memainkan peran yang lebih signifikan dan relevan dalam dunia kerja.

4. Inovasi di kewirausahaan

Menguasai literasi sains merangsang pemikiran inovatif dan kreatif. Di era Society 5.0, terdapat peluang besar untuk berinovasi dan menciptakan solusi baru untuk tantangan sosial dan lingkungan. Literasi sains memungkinkan individu untuk mengintegrasikan pengetahuan ilmiah dengan pemikiran kritis dan kreativitas, sehingga mereka dapat mengembangkan ide-ide yang segar dan bermanfaat.

5. Lebih aktif untuk masyarakat

Menguasai literasi sains memberikan individu kemampuan untuk terlibat secara aktif dalam masyarakat yang semakin terhubung dan terpusat pada teknologi. Dengan pemahaman tentang sains dan teknologi, individu dapat berperan dalam diskusi tentang kebijakan publik, isu-isu lingkungan, kesehatan masyarakat, dan inovasi sosial. Literasi sains memungkinkan partisipasi yang lebih efektif dan berdampak dalam membentuk masa depan masyarakat.

Itulah beberapa poin tentang pentingnya literasi sains di era society 5.0.

(Teguh Ikhmal Bakhtiar)

Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pancasakti Tegal.

Generasi muda Indonesia harus bisa membawa diri mereka lebih baik lagi.

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *