Peran Penting Gen Z di Politik 2024

Rakyatmerdekanews.com, Tegal – Generasi Z melihat Pemilu 2024 sebagai peluang untuk membawa perubahan positif dalam ranah sosial dan politik di Indonesia. Mereka dianggap sebagai kelompok yang memiliki pengaruh besar dalam menentukan hasil suara Pemilu 2024, dengan pandangan dan pendekatan politik yang khas.

Bagi Generasi Z, politik merupakan sarana untuk menciptakan perubahan sosial, dan mereka berkomitmen untuk menggunakan suara dan platform mereka guna merangsang perubahan tersebut. Mereka cenderung mencari pemimpin yang mencerminkan nilai-nilai inklusivitas, keadilan, dan keberlanjutan.

Meskipun demikian, Generasi Z menghadapi beberapa hambatan, termasuk apatis politik dan penyebaran informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan politik guna membantu mereka mengartikulasikan pengetahuan tacit mereka (tacit knowledge) dan menjadi lebih paham dalam hal politik.

Menurut Smith (2001), tacit knowledge adalah pengetahuan individu paling berharga karena bersifat internal, berada di dalam kepala individu yang terus dikembangkan melalui pembelajaran. Contoh tacit knowledge adalah kemampuan seseorang bersepeda, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berbisnis, dan lain sebagainya.

Pendidikan politik akan membantu Generasi Z agar lebih siap dalam mengambil keputusan, mengambil tindakan, dan berperan aktif dalam kehidupan politik sebagai anggota masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun dalam lingkup yang lebih kecil.

Generasi Z, yang lahir antara pertengahan 1990-an dan awal 2010-an, dianggap sebagai kekuatan yang sangat berpengaruh dalam arena politik dan menjadi salah satu faktor penentu dalam Pemilu 2024. Beberapa faktor yang memengaruhi preferensi Generasi Z dalam Pemilu tersebut melibatkan:

Generasi Z memiliki jumlah pemilih yang signifikan, mencapai sekitar 60% dari keseluruhan pemilih. Mereka cenderung mencari pemimpin yang mencerminkan nilai-nilai inklusivitas, keadilan, dan keberlanjutan. Generasi Z menunjukkan ketidakpercayaan terhadap informasi yang bersifat sensasional dan lebih suka mencari informasi dari sumber yang dapat dipercaya.

Peran media sosial menjadi krusial dalam memengaruhi keputusan Generasi Z.
Pendidikan politik menjadi krusial untuk membantu Generasi Z dalam mengungkapkan pengetahuan tacit mereka, meningkatkan pemahaman politik, dan mempersiapkan mereka untuk berperan aktif dalam kehidupan politik di tingkat kecil, lokal, maupun nasional.

Generasi Z tidak hanya menilai kepemimpinan politik berdasarkan kebijakan, tetapi juga menekankan etika dan integritas calon. Oleh karena itu, para calon pemimpin diharapkan untuk terus mendengarkan dan merespons aspirasi Generasi Z, dengan tujuan menciptakan masa depan yang lebih baik sesuai dengan harapan dan nilai yang mereka anut.

Oleh : Ilham Abdul Rojaq

Mahasiswa Prodi. BISNIS DIGITAL FEB UPS Tegal

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *