Peringati HUT RI Ke-78, Kelurahan Sucen Jurutengah Gelar Karnval

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, masyarakat Kelurahan Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengadakan karnaval, yang diikuti oleh peserta dari 20 RT, sekolah dan intasi terkait diwilayah tersebut. Megiatan itu belannsung pada Minggu (20/08/2023) pagi. Hal itu disampaikanoleh Lurah Sucen Jurutengah, Kelik Dwi Setiawan SP MAP kepada awak media, disela- sela kegiatan.

Dijelaskan bahwa start dan finish dilaksanakan di lapangan Permadi, Tritis Kidul.Para peserta karnaval yang terdiri dari berbagai unsur/elemen masyarakat meliputi warga wilayah Sucenjurutengah, seperti lembaga pendidikan dari PAUD, TK, SD, perwakilan 20 RT, Banser, Ansor, Fatayat NU dan lainnya.

Selaku lurah Sucen Jurutengah Kelik Dwi Setiawan, S.P., M.A.P., didampingi istri dan Ketua Panitia, Agus, secara simbolis melepas para peserta karnaval yang terbagi dalam 30 no urut ini. Setiap peserta/kelompok, menampilkan kreasi masing-masing.
Ada penampilan drumband, mobil hias, motor hias, sepeda hias.

Berbagai kostum yang unik dan menarik dibuat warga untuk ikut karnaval. Ada pula yang mengenakan gaun terbuat dari kertas juga plastik yang dibuat menjadi gaun indah.
Aneka penampilan khas karnaval para peserta ini, memantik perhatian warga yang sejak pagi sudah antri menunggu di lapangan Permadi maupun sepanjang rute/ perjalanan karnaval sejauh kurang lebih 3,5 km dengan mengelilingi wilayah Sucenjurutengah.

Menurut Kelik bahwa kegiatan karnaval kali ini mengambil tema Sucen Bersatu. Saya sangat mengapresiasi antusias warga dalam mengikuti karnaval ini. Sungguh ĺluar biasa. Dan baru kali ini, Sucenjurutengah mengadakan karnaval secara umum.

“Tadinya diadakan di setiap RT, atau sekolah, baik untuk lomba-lomba Agustusan maupun karnaval. Dan kali ini kita mencoba menyatukan mereka, dengan kegiatan karnaval ini,” jelas Kelik, di sela kegiatan.

Kelik juga menyampaikan, dalam karnaval ini dari pihak panitia menyediakan doorprize pagi para peserta maupun hadiah bagi tim/kelompok peserta dengan penilaian tertentu. Usai karnaval, kegiatan dilanjutkan dengan lomba senam Poco-Poco untuk ibu-ibu anggota PKK serta bazar UMKM.

“Untuk karnaval yang umum baru pertama kali ini diadakan. Kita baru mencoba. Meski masih banyak kekurangan disana-sini, nanti kita evaluasi untuk perbaikan kedepannya,” ungkap Kelik.

Lebih lanjut Kelik menyampaikan , untuk rangkaian kegiatan Hari Kemerdekaan di tingkat kelurahan hanya dua kali dilakukan event besar, yakni pas pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-78 dan karnaval yang yang terlaksana hari ini.

“Melihat antusias masyarakat, pdiharapkan karnaval tersebut bisa dilaksanakan setahun sekali dan menjadi agenda rutin, dengan menambah kegiatan dalam rangkaiannya,”ujarnya.

Kelik menambahkan bahwa sesuai tema Sucen bersatu, menurutnya wilayah kelurahan cukup luas, dengan jumlah penduduk hampir 6 ribuan dan masyarakatnya sangat majemuk dengan potensi di segala bidang, kami berharap dengan kegiatan seperti ini intinya bisa menyatukan warga dan bersilaturahmi,” pungkasnya. (Kun).

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *