Perumdam Tirta Perwitasari Purworejo Raih BUMD Award 2023

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo –  Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo meraih penghargaan Kategori Perumdam Kecil dalam ajang BUMD Award 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diberikan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri DR Agus Fatoni kepada Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, dalam acara Penganugerahan BUMD Award 2023 dan Rakor BUMD Seluruh Indonesia, Jum’at (29/09/2023) di Jakarta. Dalam kesempatan itu, Wabup didampingi Direktur Perumdam Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo ST MSi.

Ditemui usai acara, Wabup mengatakan penghargaan tersebut menjadi motivasi dan penyemangat bagi dirinya maupun Pemkab Purworejo untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan. Tidak hanya itu, penghargaan ini juga mendorong BUMD sebagai salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemerintah daerah.

“Semoga dengan penghargaan yang luar biasa ini, akan memotivasi BUMD lain yang dimiliki Kabupaten Purworejo untuk semakin maju dan berkembang,” katanya.

Sementara Hermawan menjelaskan beberapa keunggulan Perumdam Purworejo antara lain memiliki program yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti bantuan bagi daerah rawan air bersih dan memberikan subsidi pada masyarakat miskin saat pandemi Covid 19. Selain itu, kinerja BUMD tahun 2022 yang telah diaudit, memberikan sumbangsih deviden sebesar Rp 2,1 milyar. Penerapan tata kelola perusahaan yang baik juga dilakukan dengan penyusunan rencana bisnis sesuai dengan Permendagri 118/2018 dan BPSPAM.

“Kepuasan pelanggan diutamakan dengan fast respon terhadap keluhan pelanggan dan permasalahan yang terjadi, serta membuka layanan pengaduan secara resmi melalui website resmi,” paparnya.

Hermawan juga menjelaskan inovasi dan sinergitas dengan aplikasi Sapa Purworejo yang menjadi unggulan, dimana pelanggan dan masyarakat luas bisa melihat bentuk layanan yang diberikan termasuk didalamnya tagihan dan penyampaian keluhan pelanggan.

“Kami juga aktif berkomunikasi dengan semua stakeholder terutama yang membidangi air minum seperti DinPUPR dan Bappedalitbang, untuk bisa mengakses program hibah air minum yang disediakan melalui APBD propinsi maupun APBN serta lembaga donor Australia Indonesia (KIAT),” jelasnya.

Kabag Perekonomian dan SDA Setda Purworejo Anggit Wahyu Nugroho SSi MAcc menambahkan bahwa menuju Purworejo Berdaya Saing 2025, seluruh BUMD mempunyai peran strategis untuk mendukungnya, menjalankan fungsi utamanya dalam pelayanan kepada publik maupun sebagai income center bagi Pemerintah Kabupaten Purworejo. Sehingga BUMD juga harus menerapkan National Core Values BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dan Core Purposes sebagai employer branding yaitu Bangga Melayani Bangsa.

“Pembinaan yang dilakukan secara intensif kepada BUMD oleh Bagian Perekonomian dan SDA merupakan upaya untuk terus menjaga Core Values dan Core Purpose BUMD meskipun terjadi perubahan-perubahan dalam praktik-praktik operasi perusahaan, tujuan-tujuan spesifik dan strategi.” katanya.

(Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *