Polres Haltim Bantu Padamkan Api dan Dirikan Posko Terpadu Untuk Korban Kebakaran Pasar Buli

Rakyatmerdekanews.com, Maba Haltim – Polres Halmahera Timur bergerak cepat guna membantu memadamkan api dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Fadel Dela, Buli, Kec. Maba, Halmahera Timur. Jumat (22/03/2024)

Sekitar pukul 09.20 Wit terjadi peristiwa kebakaran yang melanda kawasan Pasar Fadel Dela Desa Buli, dengan cepat personel Polres Haltim langsung menuju lokasi dan berusaha untuk memadamkan api dan membantu mengevakuasi warga sekitar.

Saksi mata mengatakan bahwa kebakaran bermula dari dapur rumah salah seorang warga setempat, karena angin yang bertiup kencang ditambah sebagian besar bangunan terbuat dari kayu, mengakibatkan api dengan cepat membesar dan merambat ke bangunan sekitarnya.

Personel TNI/Polri bersama instansi terkait dengan warga sekitar bahu-membahu berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, dengan bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran dari PT Antam dan PT Petrosa, api dapat dipadamkan setelah memakan waktu sekitar 3 jam pada pukul 12.30 WIT.

Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka, akan tetapi kerugian material mencapai 2 (dua) miliar rupiah, tercatat 10 unit ruko, 20 unit rumah warga, dan 2 bangunan pasar ludes terbakar. Beberapa warga yang rumahnya terbakar mengungsi di rumah kerabat terdekat dan di Masjid An Nur Desa Buli.

“langkah-langkah selanjutnya, kami sedang mengupayakan mendirikan posko terpadu untuk membantu korban baik berupa fasilitas kesehatan maupun tempat evakuasi sementara” kata Kapolres Halmahera Timur.

Kapolres kemudian mengambil langkah dengan mendirikan posko terpadu di Masjid An Nur untuk membantu korban kebakaran, di dalam posko terpadu tersebut juga bergabung berbagai instansi seperti Koramil 1505-03 Maba, Sar Brimobda Polda Malut, BPBD Haltim, Tim ERG dan CSR Antam serta tenaga medis dari Klinik Horas.

Untuk sementara penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut, akan tetapi diduga api muncul disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. (Humas Polda Malut)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *