Polres Sergai Berikan Penyuluhan ke Pelajar, “Stop Bullying”

Rakyatmerdekanews.com – Sergai – Polsek Tanjungberingin Polres Serdangbedagai (Sergai) memberikan penyuluhan hukum dan tentang perundungan Stop bullying, stop mem-Bully ke pelajar SMP Swasta Pancasila di Jalan Jati Dusun VI Desa Pekan Tanjungberingin, Kecamatan Tanjungberingin, Rabu (4/10/2023).

Kapolres Sergai, AKBP Oxy Yudha Pratesta melalui Kapolsek Tanjungberingin AKP Tobat Sihombing mengatakan, pihaknya memberikan penyuluhan tentang perundungan (bullying) kepada pelajar mengingat perkembangan zaman saat ini dengan era digital, dimana munculnya perilaku tidak menyenangkan baik secara perbal phisik atau sosial di dunia nyata maupun di dunia maya, yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan, baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.

Ia menyebutkan, era digitalisasi sangat mempengaruhi perkembangan situasi dan dinamika pola pikir setiap warga masyarakat, dimana dengan mudahnya mengakses dan memviralkan sesuatu yang tidak memiliki fakta, atau hal lain yang sifatnya mendiskreditkan seseorang terkhusus anak-anak. Atau memiliki kepentingan lain yang dikehendaki oleh seseorang atau kelompok tertentu.

“Dengan munculnya upaya perundungan oleh seseorang atau kelompok tertentu, hal ini akan merugikan objek atau target atau seseorang anak, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dini dengan memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak sekolah, terkhusus kepada anak-anak pelajar,” katanya.

Ia juga mengharapkan pihak sekolah dan pelajar dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan kepolisian, sebagai upaya mencegah pelajar untuk tidak terlibat sebagai pengguna narkoba, serta kejahatan dan pelanggaran lainnya seperti tawuran antar pelajar.

Dengan kerjasama tersebut, lanjutnya, para pelajar dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. Sebab, sekolah dan dewan guru memiliki peran sangat penting dalam mendidik anak-anak pelajar. Selain itu, para orang tua juga diharapkan agar selalu berkoordinasi dengan guru, sehingga perilaku anak pelajar di luar lingkungan sekolah dapat terawasi.

Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta juga mengimbau warga untuk aktif mengawasi lingkungan masing-masing dari terjadinya tindak pidana demi mewujudkan Kamtibmas aman dan kondusif.

“Apabila mengetahui ada terjadi tindak pidana, baik terkait peredaran dan penyalahgunaan narkoba, tindak kejahatan jalanan, begal, genk motor, maupun tindak pidana lainnya, segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat, atau dapat menghubungi call center Polres Sergai 110, dan WA layanan polisi Polres Sergai di nomor 0811-6124-110, agar dapat segera ditindaklanjuti,” imbau nya. (Fachri)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *