HAMKAM  

Prajurit TNI Ajari Anak-Anak Banggabeak Hidup Higienis

Rakyatmerdekanews.com, Banggabeak Nduga – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 503/Mayangkara Kostrad, sebagai salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) di Papua, melaksanakan patroli pengamanan wilayah Kampung Banggabeak, yang berada di Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Tengah. Dalam pelaksanaan Patroli tersebut pada Senin (8/7/2024), Prajurit Satgas Yonif 503 Kostrad menyempatkan diri berinteraksi dengan anak-anak Banggabeak, dan salah satu topik Komunikasi Sosial (Komsos) tersebut berkaitan dengan hidup higienis.

Komsos yang secara aktif terus diselenggarakan oleh Satgas Yonif 503 Kostrad, menurut Komandan Satgas Letkol Inf Gurbasa Samosir, merupakan salah satu realisasi komitmen TNI dalam melaksanakan Komsos inklusif dengan seluruh warga wilayah Papua. Realisasi Komsos kali ini dilakukan para Prajurit TNI Pos Batas Batu pimpinan Lettu Inf Galih Widiharyo Nugroho. Di hari Senin yang cerah tersebut, para Prajurit mengajak anak-anak Banggabeak untuk hidup higienis.

Pengetahuan hidup higienis yang disampaikan oleh para Prajurit antara lain urutan tata cara mandi dengan memanfaatkan air bersih dari air tadah hujan. Pemanfaatan air tadah hujan tersebut dilakukan mengingat keterbatasan air bersih di Kampung Banggabeak. Selanjutnya, para Prajurit mengajarkan urutan mandi yang dimulai dari keramas, dan dilanjutkan membersihkan tubuh dengan sabun mulai dari leher, punggung, tangan hingga kaki. Dengan ajakan hidup higienis tersebut, anak-anak Banggabeak menyambutnya dengan antusias. Bahkan salah satu anak bernama Maurids Morin dengan antusias berkata, “Om Tentara, enak bisa mandi air bersih, segar. TNI MANTAP.”

Usai menerima laporan kegiatan, Panglima KOOPS TNI, Brigjen TNI Lucky Avianto, menyampaikan apresiasinya atas kreativitas Satgas Yonif 503 Kostrad dalam menggelar Komsos dengan anak-anak Kampung Banggabeak.

“Hal ini merupakan upaya TNI melaksanakan Komsos inklusif guna mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ucapnya. (PenKoopsTNI/Ratna)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *