Puluhan Kendaraan Berknalpot Brong Terjaring Patroli Satlantas Purworejo

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Dalam rangka memerangi suara bising dari kendaran ber knalpot brong, Satlantas Polres Purworejo gencar melakukan patroli. Selama dua hari kegiatan patroli pihaknya telah menjaring 42 kendaraan berknalpot brong. Hal itu disampaikan oleh Kasatlantas Polres Purworejo AKP Untung Ariyono saat dikonfirmasi rakyatmerdekanews.com diruang kerjanya, Sabtu (6/1/2024).

Dijelaskan, bahwa kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi dari Kapolda Jateng Irjen.Pol Drs Ahmad Luthfi tentang penindakan terhadap kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat berknalpot brong(tidak standar).Maka pihaknya langsung melaksanakanya dilapangan. Sebab suara bising yang ditimbulkan dari knalpot brong pasti akan sangat mengganggu masyarakat.”Njenengan sendiri pasti akan merasa tidak nyaman dengan suara bising dari kendaraan yang sangat memekakan telinga,” jelas kasat.

Kasat menyebut, untuk menertibkan hal tersebut, pihaknya kini gencar melakukan patroli terhadap pengguna kendaraan bersuara bising. Oleh karenanya, kata kasat, untuk mencegah menjamurnya knalpot brong, maka satlantas Purworejo kini eksis melakukan sosialisasi terhadap toko- toko variasi sparpart kendaraan bermotor yang menjual barang tersebut. Sebab jika hal itu dibiarkan, maka para penggemar knalpot brong akan tetap membelinya,” ujarnya.

“Sosialisasi tidak hanya ke toko- toko variasi saja, namun kami juga melakukan sosialisasi ke sekolah- sekolah. Karena biasanya merekalah yang sering ditemukan menggunakan bersuara bising,” kata kasat menandaskan.

Lebih lanjut kasat mengatakan, bahwa guna menjaring kendaraan, Satlantas Purworejo kini eksis berpatroli keseluruh wilayah Kabupaten Purworejo terutama di tempat- tempat yang rawan kebut- kebutan (balap liar). Alhamdulillah baru dua hari dilakukan patroli, kini sudah mulai sepi dari kebisingan suara knalpot brong. “Mungkin juga karena imbas dari berita medsos yang memposting kegiatan patroli menjaring knalpot brong. Meski demikian, kami akan tetap melakukan patroli hingga Kabupaten Purworejo zerro dari knalpot brong,” tegasnya.

Dikatakan pula bahwa dalam dua hari dilakukan patroli Satlantas Purworejo mampu menjaring sebanyak 42 unit kendaraan bermotor roda dua berknalpot brong. ” Kendaraan mereka kami amankan di satlantas. Mereka akan kami kenai dengan tindakan tilang karena melanggar pasal 285 ayat 1 jo pasal 106 ayat 3 dan jo pasal 48 ayat 2 dan ayat 3, tentang persyararan teknis kendaraan bermotor yang meliputi knalpot,”ungkap kasat.

Kasat menambahkan, bagi mereka yang kendaraanya terjaring, saat akan mengambil kendaraanya dengan syarat wajib mengembalikanya sesuai standar pabrik dan membuat surat pernyataan untuk tidak menggunakan knalpot brong,”katanya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut Kabupaten Purworejo zerro knalpot brong.” Kami juga berharap masyarakat taat kepada aturan berlalulintas, sehingga mampu menciptakan kamseltibcar lantas dilapangan,” pungkas kasat lantas.

(Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *