Sambut Arus Mudik dan Arus Balik 2024 Jalan Nasional, Provinsi Maupun Kabupaten Kondisinya Mantap

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Dalam rangka menyambut arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idhul fitri 1445 H yang akan datang.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo telah bersinergi dengan BMCK propinsi, PPK 2.5 dan 2.6 (Jalan nasional). Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Suranto kepada awak media saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis(28/3/2024).

Dalam keteranganya Suranto menjelaskan bahwa kesiapan dinas PUPR Purworejo terkait dalam menghadapi arus mudik dan arus balik, telah bersinergi dengan bidang Binamarga dan BMCK Provinsi serta PPK 2.5 dan 2.6 sesuai dengan kewenanganya masing-masing,” jelasnya.

Suranto menyebut bahwa jalan nasioanal masih menjadi prioritas untuk arus mudik dan arus balik. “Begitu juga Jalan Provinsi, yang meliputi ruas jalan dari Purworejo ke arah Magelang dan dari Kutoarjo Ke arah Kepil, Kabupaten Wonosobo.Ini menjadi kewenangan provinsi yang tentunya sudah mempersiapkan kemantapan dengan maksimal,” ujarnya.

Untuk jalan Nasional kata Suranto jalan dari Purworejo sampai batas Kebumen sampai saat ini kondisinya dalam keadaan bagus dan mantap. Sementara Jalan Don Bosco ke arah Jogyakarta masih ada paching- paching penambalan untuk jalan dengan lapisan aspal, namun untuk yang beton aman,” jelas Suranto.

Lebih lanjut Suranto mengatakan bahwa Kabupaten Purworejo punya kewajiban menjaga untuk fider- fider jalan sebagaimana menjadi jalan alternatif jika terjadi kemacetan di jalan nasional.

“Jalan alternatif dari arah Kebumen masuk ke Purworejo berada di pertigaan Klepu yang merupakan bagian skema puncak alternatif menuju kearah Pituruh – Kemiri – Seren dan masuk ke jalan Lingkar Utara meniju ke arah Magelang. Alhamdulilah kita jaga saat ini kondisinya mantap.

Jalan alternatif yang merupakan jalan kabupaten tersebut melibatkan UPT Kutoarjo, UPT Kemiri, UPT Purworejo, hing ke UPT Loano,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Jalur selatan pada arus mudik dan arus balik tidak menutup kemungkinan banyaknya armada besar lewat jalan Daendels. “Ada ruas- ruas jalan kami yang bersinggungan langsung dengan jalan tersebut.Yakni UPT Kutoarjo dan UPT Purwodadi. Jadi teman-teman UPT kini telah melakukan pemeliharaan jalan yang dikerjakan oleh bidang Binamarga hingga H -7. Masing-masing bisa menyelesaikan yang lapen 3 ruas jalan dan campuran aspal panas 3 ruas jalan, ” sebutnya.

Diluar untuk arus mudik dan arus balik kata Suranto, guna menjaga stabilas jalan kawasan pariwisata Purworejo seperti Pantai Dewaruci di wilayah selatan dan wilayah timur Purworejo-Kaligesing kearah Goa Splawan. “Teman- teman UPT Purworejo kini sedang menangani pekerjaan jalan Jegerto-Donorejo yang notabene jalan kawasan wisata untuk menjaga kesabilan jalan,” ujar Suranto.

“Kami menangani jalan kabupaten , teman- teman provinsi menangani jalan provinsi sedangkan PPK 2.5 dan 2.6 menangani jalan nasional. Kami juga telah memiliki grup WA yang setiap saat dapat berkoordinasi jika ada jalan- jalan yang perlu perbaikkan,” pungkasnya. (Kun).

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *