Sekitar 500 Massa UMP Gelar Aksi Damai Bela Palestina

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Sekitar 500 massa terdiri dari rektor, dosen dan mahasiswa dari Universitas Muhamadiyah Purworejo melakukan aksi damai turun ke jalan, untuk membela Palestina, Selasa (07/05/2024).

Aksi damai du awali dari depan kampus timur UMPurworejo, dan melanjutkannya dengan melakukan longmarch menuju kantor DPRD Purworejo. Di depan kantor wakil rakyat itu mereka melakukan orasi damai.

Setibanya di grdung DPRD, massa di diterima oleh wakil ketua DPRD Frans Suharmaji. Mereka pun mangajukan 10 tuntutan yang disampaikan kepada wakil rakyat terkait perang yang kini masih terjadi di Gaza. Merka pun berharap aspirasi itu bisa diteruskan hingga ke DPR RI dan pemerintah pusat.

Tuntutan itu diantaranya, kutukan terhadap Israel atas agresi militer yang dilakukan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza. UMPurworejo juga mengecam kebijakan pemerintah Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman serta beberapa negara sekutu lainya atas dukungan mereka terhadap Israel.

Selanjutnya, Rektor, dosen serta Mahasiswa UMP mendukung Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) untuk menghakimi Perdana Menteri Israel, Benyamen Netanyahu.

Kami berharap aspirasi ini didengar dan dilanjutkan hingga ke pusat,” kata Rektor UMPurworejo Teguh Wibowo sambil menyebut, bahwa selain UMPurworejo, aksi mendukung kemerdekaan Palestina itu juga digelar secara serentak di 172 PTMA (Perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah) se-Indonesia.

Mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus memberikan perhatian serius terhadap perkembangan konflik Israel dan Palestina, dengan terus memberikan bantuan moral, material, dan spiritual terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Pernyataan yang disampaikan tertulis itupun kemudian diserahkan Rektor kepada Wakil Ketua DPRD. Usai menyampaikan orasi dan pesan, para peserta aksi kembali ke kampus. Adapun Fran Suharmaji kepada media menyampaikan, pihaknya akan membawa aspirasi yang disampaikan melalui forum rektor tersebut ke jenjang yang lebih tinggi yakni DPR RI.  “Ya kalau ini menyuarakan aspirasi nasional maka akan kami sampaikan ke DPR RI dalam waktu dekat,” ucap Frans.

Meski belum dikomunikasikan secara nasional, selaku wakil DPRD Frans menyatakan pihaknya sepakat dengan tuntutan yang disampaikan. “Tujuannya kan sepertinya ingin menghabiskan warga Palestina, jadinya kita harus menjaga perdamaian dunia sesuai amanat Undang Undang Dasar 1945,” tutur nya. (Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *