Semangat Pelestarian Budaya Betawi, Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Perguruan Silat Cingkrik Rawa Belong

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta –  Sorotan penuh semangat dari 200 siswa memenuhi hutan Kota Srengseng Kembangan, Jakarta Barat pada hari Minggu. (18/02/24)

Mereka adalah peserta dari Perguruan Silat Cingkrik Rawa Belong yang berpartisipasi dengan antusias dalam Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk. Acara yang dimulai sejak pukul 09:00 ini dipandu oleh sosok yang dihormati, Pembina Perguruan, Brigjen Marwan Suliandi.

Dalam suasana yang khidmat, Brigjen Marwan Suliandi, SH, MH menggugah semangat juang generasi muda untuk memelihara keberagaman budaya lokal, terutama Silat Cingkrik Betawi, yang tetap abadi dan menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas masyarakat Rawa Belong.

Sementara itu, ketegasan dan kehangatan yang ditunjukkan oleh Ketua Umum Perguruan Cingkrik Rawa Belong, Bang Robin, membakar semangat untuk menghargai legitimasi dan legalitas ilmu beladiri yang mereka peroleh. Perguruan Silat Rawa Belong memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat sabuk sebagai bukti kesungguhan dan keahlian mereka.

“Bang Robin juga menyoroti pentingnya pelestarian Silat Cingkrik Betawi Rawa Belong dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, sembari menaburkan harapan agar cinta akan budaya ini tumbuh di hati para siswa.

Ia berharap bahwa kelak, generasi penerus yang terdidik akan menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan dan menyebarkan kekayaan warisan budaya ini.

Ketua Umum Perguruan Cingkrik Rawa Belong juga memberikan apresiasi kepada sekolah yang telah memberikan kesempatan bagi Silat Tradisional Betawi menjadi bagian dari kegiatan ekstrakurikulernya, termasuk SMPN 191, SMPN 75, SMP 185, Mts Al Mafatih, SDN 03 Kelapa Dua, SDN 05 Kelapa Dua, SDN 01 Kedoya, SMP Al Hasanah, dan SMK Bina Insani Mandiri.

Dalam riuh rendahnya arus globalisasi yang semakin memudarkan identitas lokal, keberlanjutan Silat Cingkrik Betawi menjadi mercusuar tunggal yang mengingatkan kita akan akar budaya kita. Ujian kenaikan tingkat sabuk hari ini bukanlah sekadar ujian biasa, melainkan wujud nyata dari komitmen untuk menjaga kelestarian dan relevansi Silat Cingkrik Betawi di tengah lautan perubahan zaman yang terus berputar. (Robi)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *