Sinergitas DPRD Sambas-Bawaslu: Siap Jaga Kedaulatan Hak Pilih

RMNews, Sambas-Kalbar. Menjelang H-5 pemilu 2024, Bawaslu Sambas adakan acara Apel Siaga dan Launching TPS Rawan di Aula rapat Hotel Pantura Jaga jl. Tabrani Sambas, yang dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sambas (H.Abu Bakar), Bupati Sambas (diwakili), Kapolres Sambas (mewakili KBO Defi), Dandim 1208/Sbs (diwakili), kajari Sambas (diwakili), Danyon 645/GTY, Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Pengadilan Negeri Sambas, Kesbangpolinmas, Satpol PP, KPU Kabupaten Sambas, serta Ketua dan jajaran bawaslu Kabupaten Sambas (9/2/2024). Acara ini menguatkan/mensosialisasikan, jika adanya kendala-kendala dalam proses pemilu dapat teratasi; guna dapat teratasinya seperti yang masuk kategori rawan TPS diantaranya; Tidak adanya signal, sulit akses, rawan banjir dan basis kepulauan/perbatasan. Maka perlu Forkopimda dan elit pemerintah Daerah serta TNI juga Polri untuk sinergis dalam hal ini.

Usai acara Ketua DPRD Sambas (H.Abu bakar) menyampaikan pada media ini (9/2/2024), “berharap Pemilu dapat berjalan sukses, aman, lancar serta hak-hak pemilih dapat dijaga kedaulatannya; agar terciptanya Demokrasi yang Luber sebagaimana diamanatkan Undang-undang Pemilu, khusunya diwilah Sambas yang kita cintai ini. Pada hari ini kita sebagai DPRD ikut serta dalam acara yang digelar Bawaslu Kabupaten Sambas dalam acara Apel Siaga dan Launching TPS Rawan: dengan tema “ Siap jaga Kedaulatan Hak Pilih” terutama masyarakat Kabupaten Sambas ini dapat merasakan nyaman, aman serta rahasia dalam penggunakan hak-hak pilihnya masing-masing; terutama daerah yang rawan TPS diantaranya daerah yang mudah banjir, susah sinyal, serta wilayah-ujung atau perbatasan. Yang mana waktu pemilu tersebut, kurang lebih tinggal menghitung hari lagi; lima (5) hari ke depan pada tanggal 14 februari 2024”. Jelas H. Abu bakar.

Konfirmasi lansung media ini pada Ketua Bawaslu Sambas (Yesi mayasanti) 9/2/2024, “Bawaslu kabupaten Sambas tgl 9 februari 2024 telah melaksanakan apel siaga dan lounching TPS rawan; pendistribusian logistik dan TPS rawan tungsura. Ada 4 (empat) kategori TPS rawan untuk pendistribusian logistik, diantaranya:
1. Tidak ada signal,
2. Sulit akses,
3. Rawan banjir,
4. dan Basis kepulauan dan perbatasan.
Selain itu ada 6 (enam) kategori untuk TPS rawan tungsura, yaitu:
1. Surat suara LBH dr semestinya,
2. Surat suara kurang dr semestinya,
3. Pemungutan suara ulang ,
4. Tindak pidana pemilu,
5. Data anomali,
6. dan Partisipasi masyarakat.
Kegiatan apel siaga sekaligus lounching TPS rawan pendistribusian logistik dan tungsura ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang berpotensi akan terjadinya kerawanan serta mempersiapkan pasukan dan bersinergi dengan forkopimda untuk bersama-sama mensukseskan pemilu 2024, menjadi pemilu yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat”. Jelas dan harapan Ketua Bawaslu Sambas menyudahi. (Doel)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *