SMKN 1 Purworejo Sebagai Pilot Project Sekolah Komitmen Berintegrasi

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – SMKN 1 Purworejo menggelar Deklarasi Komitmen Integritas usai ditunjuk menjadi salah satu pilot project oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sejak  26 Oktober 2023 silam. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Komitmen Integritas yang berlangsung di aula sekolah,Rabu(31/1/2024).

Prosesi deklarasi ditandai dengan pengucapan pengucapan Komitmen Integritas yang dipimpin oleh Kepala SMKN 1 Purworejo Dra Indriati Agung Rahayu MPd dan diikuti oleh seluruh keluarga besar sekolah dari unsur guru, karyawan, serta siswa.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kasi SMK Cabdin Pendidikan Wilayah VIII Jateng, Titik Nur’aini SSos, Pengawas SMK Bani Mustofa SPd MPd, serta komite sekolah.

Dalam deklarasinya kepala sekolah dan seluruh peserta menyatakan siap menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai-nilai integritas, kejujuran, keterbukaan dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pendidikan. Siap menjadi sekolah yang terdepan dalam prestasi dan luhur dalam budi pekerti serta siap untuk menjaga dan menjunjung tinggi nama baik almamater SMK Negeri 1 Purworejo.

Kepada awak media Kepala SMKN 1 Purworejo mengatakan bahwa sungguh menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi seluruh civitas akademika SMKN 1 Purworejo terpilih sebagai satu-satunya satuan pendidikan tingkat SMK di Kabupaten Purworejo sebagai pilot project Sekolah Berintegritas di wilayah Kabupaten Purworejo.

“Sekolah berintegritas adalah sekolah yang konsisten dalam menjunjung tinggi nilai luhur dan keyakinan dengan landasan kejujuran dan kebenaran sebagai lembaga pendidikan,” jelas Indri.

Menurutnya, penerapan nilai-nilai integritas di sekolah merupakan hal yang penting, mengingat sekolah merupakan tempat pembentukan karakter siswa-siswi. Dengan nilai-nilai integritas, siswa-siswi akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur, bertanggung jawab dan berperilaku baik.

“Oleh karena itu, Deklarasi Komitmen Integritas ini merupakan langkah yang tepat untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Program Sekolah Berintegritas SMKN 1 Purworejo Musrifah S.Pd, M.Pd mengungkapkan bahwa adanya Deklarasi Komitmen Integritas ini merupakan rangkaian kegiatan dari realisasi rencana tindak lanjut dari sekolah berintegritas.

“Jadi untuk program Sekolah Berintegritas  merupakan program berkelanjutan dengan realisasi rencana tindak lanjut yang dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu setahun mulai Januari-Desember 2024 dan akan menjadi Budaya Berintegritas di sekolah kami. Hampir setiap bulannya ada rencana tindak lanjut yang sudah mengikuti juknis dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng,” ungkap Musrifah.

Musrifah mengungkapkan banyak sekali sub indikator yang harus dipenuhi dalam realisasi tindak lanjut yang menjadi tagihan sekolahnya, sehingga bisa dinyatakan sebagai Sekolah Berintegritas. Setidaknya ada 132 poin kegiatan yang harus dipenuhi selama satu tahun.

“Misalnya dari PPDB semi boarding dan reguler, harus terbuka dan transparan dengan diupload di sosmed agar semua masyarakat tahu cara persyaratannya seperti apa. Dalam pengaduan masyarakat di PPDB baik secara online maupun offline harus disediakan tempat untuk pengaduannya.

Untuk pengelolaan dana pendidikan kata Musrifah harus ada transparansi yang sudah kita lakukan, dengan memasang banner tentang penggunaan dana pendidikan tahun 2023 di halaman sekolah,” jelasnya.

Ditambahkan usai pengucapan Deklarasi Komitmen Integritas dilanjutkan dengan penandatanganan banner Komitmen Integritas secara serentak oleh seluruh warga sekolah.

Kasi SMK Cabdin Pendidikan Wilayah VIII Jateng Titik Nur’aini menyampaikan bahwa Sekolah Berintegritas harus komitmen untuk menaati sejumlah aturan. Antara lain tepat waktu, berlaku jujur serta komitmen integritas yang diucapkan harus dijaga, dilestarikan serta dibudayakan di lingkungan SMKN 1 Purworejo secara berkelanjutan.

“Sekolah Integritas itu sekolah yang dalam pengelolaan apapun bersikap jujur, terbuka, adil dan bertanggung jawab,” pungkas. (Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *