HAMKAM  

Soedirman Awards 2023 Ajang Apresiasi Bagi Prajurit TNI

Rakyatmerdekanews.com – Jakarta – “TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI”

Demikian amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat HUT TNI beberapa tahun silam menyitir pernyataan Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman soal hubungan TNI dengan rakyat. Pesan kepahlawanan Jenderal Soedirman yang masih begitu relevan itu menjadi pijakan bagi prajurit TNI untuk melaksanakan tugas di segala medan juang. Siapa prajurit TNI kini yang sesuai dengan nilai-nilai perjuangan Jenderal Soedirman? Ayo usulkan pilihanmu sekarang!

Jenderal Soedirman merupakan salah seorang yang memperoleh pangkat bintang lima selain Soeharto dan AH Nasution. Jenderal besar Indonesia ini lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916.

Kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi serta ketaatannya beragama menjadikan Jenderal Soedirman dihormati oleh masyarakat. Jenderal Soedirman merupakan tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi.

Saat usianya masih 31 tahun, beliau sudah menjadi seorang jenderal. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, beliau tetap bergerilya melawan Belanda. Salah satu pesannya yang lestari dan menjadi panduan prajurit TNI hingga sekarang adalah mengenai kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Kami Tentara Republik Indonesia akan timbul dan tenggelam bersama negara.”

Pesan itu juga yang mendorong Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berinisiatif menggelar Soedirman Awards 2023 dengan bersinergi bersama detikcom. Program ini diharapkan dapat menjadi ajang apresiasi bagi prajurit TNI yang menunjukkan loyalitas dan dedikasi luar biasa kepada masyarakat. Selain itu, penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi, menginspirasi, dan membuat prajurit TNI meneladani nilai-nilai yang diwariskan Jenderal Soedirman.

Soedirman Awards 2023 akan dianugerahkan kepada prajurit masing-masing matra. Ada 3 kategori penghargaan yang diberikan dalam program ini yaitu: Tentara Berdedikasi, Tentara Inovatif, serta Tentara Penjaga Wilayah NKRI.

Penjaringan kandidat penerima Soedirman Awards 2023 dimulai hari ini melalui dua jalur usulan, yaitu masyarakat bisa mengusulkan via formulir digital dan internal matra TNI juga bisa memberikan usulan kepada panitia.

Setelah proses penjaringan selesai, penerima penghargaan Soedirman Awards 2023 akan diumumkan di acara penganugerahan pada 28 Oktober 2023.

detikcom mengajak Anda pembaca setia dan seluruh masyarakat Indonesia untuk berkontribusi lewat partisipasi di Soedirman Awards 2023. Usulan dari Anda para pembaca diharapkan menjadi bahan bakar penyemangat personel TNI untuk memberikan dedikasi tinggi di tengah masyarakat.

Berikut mekanisme seleksi Soedirman Awards 2023:

1. Daftarkan prajurit TNI di sekitarmu yang dinilai patut menjadi kandidat penerima Soedirman Awards 2023 dengan mengisi gform di sini!

2a. Isi identitas diri kamu selaku pengusul berupa nama lengkap, alamat email dan nomor seluler yang bisa dihubungi.

2b. Isi juga identitas prajurit TNI yang kamu ajukan sebagai kandidat penerima Soedirman Awards 2023. Selain nama, informasi pangkat, dan tempat berdinas prajurit TNI tersebut akan sangat berguna. Jika memungkinkan, sertakan pula foto dan video.

3. detikcom akan memvalidasi informasi prajurit TNI kandidat penerima Soedirman Awards yang kamu daftarkan. Informasi yang telah divalidasi akan diberitakan secara selektif.

4. Prajurit TNI yang telah didaftarkan pembaca akan diseleksi. Proses seleksi akan melibatkan Dewan Pakar.

5. Aspek yang dinilai dalam proses seleksi di antaranya adalah integritas, dedikasi, dan dampak kepada masyarakat.

6. Dewan Pakar memutuskan tiga nama penerima penghargaan Soedirman Awards 2023.

7. Penerima Soedirman Awards 2023 akan diumumkan pada 28 Oktober 2023.

(Ratna)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *