“THE 1st INDONESIA INSURANCE SUMMIT” Ukir Sejarah Transformasi Industri Asuransi di Indonesia

Rakyatmerdekanews.com – Yogyakarta – Gelaran acara bersejarah “The 1st Indonesia Insurance Summit” mencapai sukses digelar kemarin selama 3 hari di Yogyakarta (23-25/8/2023).

Dimulai dengan gala dinner pada tanggal 23 Agustus 2023. Acara ini secara resmi dibuka oleh pemukulan Gong yang dilakukan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 24 Agustus 2023.

The 1st Indonesia Insurance Summit merupakan wadah bagi para pemangku kepentingan dalam industri asuransi untuk bersama-sama meretas jalan menuju transformasi yang menjangkau masa depan.

Saat pemukulan Gong yang sarat makna tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan tegas menggarisbawahi bahwa esensialitas peran asuransi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai tiang penyangga program-program strategis pemerintah.

Beliau tidak hanya mengakui pentingnya keduanya, tapi juga mengekspresikan hasrat untuk menjalin sinergi dengan industri asuransi guna merealisasikan sejumlah program, terutama yang berkaitan dengan pengadaan mobil listrik oleh daerah.

The 1st Indonesia Insurance Summit menjadi momentum berharga bagi para profesional asuransi di Tanah Air untuk mengembangkan kapasitas mereka dalam menghadapi era digital dan era kecerdasan buatan yang semakin mengemuka.

Acara dimulai dengan pementasan tarian yang memadukan unsur tradisional dan modern, mencerminkan kesiapan insan-insan asuransi yang profesional dalam mengarungi arus perubahan zaman.

Para narasumber ulung hadir dalam acara ini, termasuk di antaranya Ogi Prastomiyon dari OJK, yang menjadi pembicara utama dan memberikan pandangan yang mendalam mengenai transformasi industri asuransi.

Dalam sambutannya, Ogi Prastomiyono menyampaikan, “harapan bahwa kolaborasi dan dukungan yang luas dari seluruh pemangku kepentingan akan menjadikan The Indonesia Insurance Summit sebagai tonggak kuat yang membentuk masa depan industri asuransi yang lebih tangguh.”

Prestasi prestasi gemilang telah dicapai oleh industri asuransi Indonesia. Dimana, Pertumbuhan aset sebesar 1,92% dan pertumbuhan premi sebesar 4,02% Year-over-Year per Juni 2023, menjadi bukti kinerja yang mengesankan. Keberhasilan ini secara tidak langsung mencerminkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

Para narasumber tak hanya memaparkan pencapaian-pencapaian, tetapi juga menyentuh isu-isu paling relevan yang tengah dihadapi oleh industri asuransi. Moch. Ihsanuddin dari OJK turut menyoroti penguatan Governance, Risk Management, and Compliance (GRC) dan membahas Anti Money Laundering (AML). Megawaty Khie dari Google Cloud Indonesia dan Malaysia berbagi pandangan tentang bagaimana kecerdasan buatan (AI) mampu menciptakan inovasi baru, termasuk di dalam industri asuransi.

Selain itu, sesi praktis di hari kedua acara, yang ditutup oleh paparan dari Toto Sugiarto, PHD, membahas peran penting AAMAI dalam memperkuat Sumber Daya Manusia yang profesional di dalam industri asuransi.

Acara ini berhasil menyatukan para regulator (Otoritas Jasa Keuangan), pakar-pakar dalam bidang Human Capital perusahaan asuransi, Teknologi Informasi, serta masalah TPPU. Acara ini juga berhasil mengumpulkan pemimpin-pemimpin industri asuransi, para akademisi, serta berbagai asosiasi dan lembaga yang bergerak dalam industri asuransi di Indonesia, semuanya bergabung dalam semangat kolaboratif untuk berbagi informasi terkini, mengatasi perubahan peraturan, serta memetakan peluang dan tantangan yang ada.

Di hari puncaknya (25/8/2023) “The 1st Indonesia Insurance Summit” mengakhiri acaranya dengan bermain golf, yang merupakan bagian dari jaringan sosial, dan menggambarkan sebagai semangat kebersamaan yang terjalin dalam acara ini.

The 1st Indonesia Insurance Summit telah berakhir dengan mata tertuju ke masa depan. Dan diharapkan, The 2nd Indonesia Insurance Summit akan mengambil langkah lebih maju, melibatkan pemangku kepentingan yang lebih luas, termasuk pakar dan asosiasi internasional, guna memperkaya diskusi dengan pandangan global, serta menjadikan industri asuransi Indonesia semakin siap menghadapi berbagai tantangan kompleks di era mendatang. (Amin  Bearland)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *