TMMD Reguler 118 Tahun 2023 Desa Benowo Resmi Ditutup

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo – Kegiatan TMMD reguler ke 118 tahun 2023 Desa Benowo Kecamatan Bener resmi ditutup. Upacara penutupan digelar di lapangan Kecamatan Bener Kamis (19/10/2023), dengan Irup Danrem 072 Brigjen TNI Joko Purnomo SIP, serta dihadiri Forkopimda Kabupaten Purworejo.

Usai upacara penutupan, Danrem meninjau langsung ke Desa Benowo dengan armada Jeep. Yaitu mengunjungi rumah yang dibangun oleh program RTLH, menandatangani prasasti dan memotong pita.

Danrem saat membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Widi Prasetijono mengatakan, program TMMD merupakan salah satu program bakti TNI guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Hal itu sejalan dengan tema TMMD ke-118 tahun 2023 kali ini yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

” Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, ” katanya.

Dikatakan, selama kurang lebih satu bulan para prajurit Kodam IV/Diponegoro, Pemda dan segenap komponen masyarakat bergotong royong, berupaya menyelesaikan program ini. Sasaran fisik TMMD berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur berupa pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong, pembangunan talud, jembatan, pos kamling, rehab mushola, gereja, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH).

Pada sesi doorstop Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengucapkan terimakasih kepada para anggota TNI-POLRI, Pemda, pihak-pihak terkait dan masyarakat yang telah menyelesaikan pembangunan tepat waktu.

” Pembangunan yang luar biasa, mungkin kalau tidak ada program ini belum pasti bisa terlaksana. Saya berharap sinergitas yang terjalin baik ini akan terus berlanjut,” harapnya.

Sementara itu Danrem 072 Brigjen TNI Joko Purnomo SIP setelah melakukan peninjauan mengungkapkan bahwa pembangunan yang dicapai seperti yang diharapkan dan berpesan untuk masyarakat supaya menjaga infrastruktur yang telah dibangun.

“Yang pertama adalah untuk dipelihara, sesuai dengan perintah Presiden yaitu yang penting adalah infrastruktur dulu. Karena ini adalah buatan manusia tentu ini ada umurnya, harus dipelihara dan kalau perlu nanti dikembangkan lagi, misal dengan diaspal.” katanya.

Sedangkan Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Yohanes Heru Wibowo menceritakan bahwa kegiatan TMMD reguler ke 118 telah menyelesaikan pembangunan jalan terpanjang seluruh Indonesia di tahun 2023.

“Pembangunan jalan yang diselesaikan yaitu sepanjang 2059 meter, tebal 12 cm dan lebar 4 meter. Ini merupakan pencapaian pembangunan jalan terpanjang seluruh Indonesia di tahun 2023, yang diselesaikan pada kegiatan TMMD reguler ke 118,” pungkasnya.

 

(Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *