UBSI Gelar Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Penjajah Makanan Pada UMKM

Rakyatmerdekanews.com – Bekasi – Para Dosen Universitas Bina Sarana Informatika program studi (prodi) Perhotelan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Universitas BSI (Bina Sarana Informatika melakukan pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja(K3) Penjamah Makanan (Food Handler) pada UMKM Teluk Pucung yang diselenggarakan di Wisma Asri Bekasi Utara pada Sabtu (21/10).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka program Pengabdian Masyarakat dengan melibatkan para pengajar ; Dr.Syaharudin,S.Pd,M.Pd,Dr., Donna Ekawaty,ST.,M.MPar, dan Kasmin AP.,S.Pd.,M.M , serta mahasiswa UBSI yaitu : Farah Azizah dan Bunga Izzatun Nissa Ar Rifqi dan pelaku UMKM Teluk Pucung Bekasi Utara.

Kegiatan pelatihan ini tidak lepas dari dukungan penuh Rektor Universitas Bina Sarana Informatika, Bapak Prof.Dr.Ir.Mochamad Wahyudi, M.Kom.,MM.,M.Pd.,IPU.,ASEAN ENg dan juga pengurus dari UMKM Teluk Pucung.

Donna Ekawaty selaku Ketua kelompok pelaksana pengabdian Masyarakat kampus Universitas Bina Sarana Informatika Kaliabang menjelaskan bahwa pelatihan ini ditujukan bagi UMKM Teluk Pucung yang membutuhkan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Penjamah Makanan (Food Handler).

Penjamah makanan merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang untuk menjamah makanan, mulai dari pemilihan bahan mentah, memproduksi bahan olahan sampai dengan makanan siap saji yang akan disajikan kepada tamu.

Pada kesempatan ini para peserta dilatih untuk kebersihan diri mulai dari rambut, pakaian, dan tubuh. Selain itu peserta dilatih untuk kebersihan diri, kebersihan lingkungan, kebersihan peralatan, perlengkapan, dan keselamatan kerja di area kerja. Para peserta juga dilatih cara memperlakukan bahan pangan mulai dari bahan mentah sampai bahan siap saji dan siap konsumsi.

Keamanan pangan sebagai bagian terpenting dalam menjaga kesehatan, terlebih bagi UMKM yang menjual produk makanan siap saji dan makanan dalam kemasan. Selain keamanan pangan, seorang penjamah makanan wajib menjaga kebersihan dirinya sendiri sendiri mulai dari kuku kaki, tubuh, telinga, mata, dan rambut. Sama halnya pada saat mengolah makanan, mandi terlebih dahulu sebelum menyentuh bahan makanan, rambut harus diikat dan menggunakan penutup kepala, mencuci tangan, menggosok gigi, menggunakan pakaian bersih, dan menggunakan celemek pada saat mengolah makanan. Pada saat memproduksi bahan makanan dan melakukan pengemasan, sebaiknya menggunakan sarung tangan sesuai dengan kebutuhan.

Ibu Detta Arlinta selaku pendiri UMKM Teluk Pucung mengatakan bahwa UMKM dimulai karena hobi, lalu dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai penghasilan tambahan, selain itu ibu detta memberi tanggapan bahwa pelatihan yang diberikan para dosen UBSI program studi perhotelan sangat bermanfaat dan berguna, selain itu berharap UMKM Teluk Pucung mendapatakan fasilitasi tambahan berupa pelatihan lanjutan dan uji kompentensi.

Kami berharap, produk pangan yang diproduksi menjadi lebih Hyginis, sehat, dan aman pemahaman kepada warga UMKM  Teluk Pucung  harus memperhatikan faktor – faktor keamanan pangan, diantaranya kesegaran, kebersihan, dan kemasan. (Rijal)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *