Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso Bersama PT Bumi Siak Pusako Bantu Warga Terdampak Banjir

Rakyatmerdekanews.com, Bengkalis Siak Kecil – Tetap dengan mengobarkan semangat warga pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama Forkopimda, Perusahaan dan masyarakat berjibaku untuk berjaga serta saling membantu akibat bencana banjir.

Wabup Bagus Santoso tanpa kenal lelah mengunjungi dari kampung ke kampung yang hingga saat ini masih terdampak banjir di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Mengakiri minggu pertama bulan Januari Wabup Bagus Santoso bersama Riki Hariansyah Sekretaris PT BSP, Nona Siti Aisyah Ketua TP PKK Kabapaten, Polsek, Danramil menyerahkan bantuan sembako serta operasional alat berat pembersihan parit secara simbolis di rumah Kepala Dusun Desa Sungai Nibung,minggu 7 Januari 2024.

“ Banjir adalah anugerah dan bencana Kuasa Tuhan. Kita harus tetap semangat dan menerima keadaan. Kita harus koreksi diri untik evaluasi dan memahani pesan alam” kata Bagus Santoso

Lebih lanjut disampaikan Wabup Bagus Santoso yang dikenal suka keluar masuk keliling kampung bahwa cara untuk menerima kondisi alam adalah dengan saling bergoyong royong saling membantu dan menguatkan. Secara sosial kemasyarakatan dengan menyambung tali persaudaraan memupuk kerukunan.

Sedangkan secara fisik semua pihak terutama pemerintah dan perusahaan dapat memetakan sekaligus aksi nyata hadir dilapangan memperbaiki infrastruktur lingkungan yang ada.

“ Kuatkan kebersamaan saling tolong menolong lalu aksi nyata bersihkan lingkungan sesuai kemampuan dan kewenangan. Lembaga teknis bersihkan fisik parit dan sungai, cek gorong- gorong dan jembatan juga bangun jalan dengan skala prioritas” imbuhnya.

Untuk kesekian kalinya pemkab bergandeng tangan dengan semua pihak khususnya PT .BSP menyalurkan bantuan sembako dan fasilitas lainnya. Pemkab melalui Camat Siak Kecil menyiapkan tidak kurang 300 paket sembako sedangkan PT.BSP menyiapkan 100 Paket. Sebelumnya Pemkab Bengkalis bersama PT Pertamina juga telah menyalurkan bantuan sembako.

Sekretaris PT BDP Riki Hariyansah Putera Bupati Siak H Arwin menegaskan perusahaannya memegang komitmen kuat untuk membantu masyarakat khususnya di Desa Sungai Nibung dan desa lainnya dimana perusahaanya beroperasional disini.

“ Kami PT BSP sekuat kemampuan akan membantu masyarakat. Karena kami juga beroperasional disini, kami siap membantu “ tegas Riki .

Pada acara tersebut tokoh masyarakat Roni dan Mbah Kabul mengusulkan bantuan dan kerjasama PT.BSP untuk lebih memperhatikan Desa Sungai Nibung. Apalagi ladang sumur dan Kantor PT.BSP berada di Desanya. “ Khusus PT BSP dulu zaman Pertamina dab Chevron infrastruktur seperti ;Pipa, Parit, Badan Jalan dan Jembatan dipelihara sekarang terbiarkan. Tolong dengarkan suara kami karena kalau ada resiko apapun kami yang kena” katanya.

Seusai penyerahan bantuan sembako Wabup Bagus Santoso bersama pihak perusahaan, BPBD, Damkar, Camat, Polsek, Danramil, PJ Kades, BPD dan warga melihat ke lokasi yang menyebabkan air tidak lancar. Diantaranya 3 titik Gorong- Gorong yang tidak berfungsi karena dibangun Bodi Jalan oleh PUPR Bengkalis.

“ Secara teknis nanti PUPR kita minta turun lapangan supaya kelar. Begitu juga alat berat dan kita lagi tunggu dan rumuska. bantuan dari Kementerian PUPR melalui BWSS Sumatera. Bupati Kasmarni sudah ajukan surat kesana” jelas Wabup.

Pantauan di lapangan Banjir terus meluas belum ada tanda- tanda mereda. Kampung dan kebun warga sudah hitungan seminggu lebih terendam mengakibatkan aktivitas terkendala. Diantaranya adalah desa Eks Transmigrasi Bandar Jaya, Muara Dua, Sungai Nibung dan Sungai Linau.(red/FN)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *