PROFIL  

Alumni AkabriPol 1984 Gelar Halal Bihalal, Irjen Pol Purn Ronny F. Sompie S.H ; Ini Momen Perkuat Silaturahmi

RMnews, Jakarta. Alumni Akademi Kepolisian RI tahun 1984 (AkabriPol) Jagratara menggelar acara halal bihalal yang dilaksanakan di Taman Wiladatika, Cibubur, Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/5/2024).

Kegiatan yang dikemas secara meriah semi outdoor tersebut, tampak dihadiri oleh sejumlah tokoh purnawirawan Polri bintang tiga, bintang dua, bintang satu dan perwira menengah, dalam rangka menjalin dan mempererat silaturahmi sesama alumni.

Acara ini sendiri diawali dengan kegiatan olahraga bersama dan pengecekan kesehatan yang dibantu oleh tim kesehatan Korp Brimob dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pembagian doorprize bagi yang hadir, termasuk pemberian tali kasih bagi anggota yang sakit dan membutuhkan bantuan dengan rasa gotong royong.

Jagratara yang menjadi sandi untuk lulusan Akpol 1984 ini, merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti Waspada dan Hati-hati.

“Alumni Akpol 1984 ini diwisuda bersama-sama dengan alumni Akmil, AAL dan AAU yang pada saat itu masih bernama AKABRI Bagian Darat, Laut, Udara dan Kepolisian, pada bulan September 1984 di Istana Negara oleh Presiden Soeharto,” kata Irjen Pol Purn Ronny F. Sompie, S.H.,M.H., saat ditemui awak media disela kegiatan.

Menurutnya, Jagratara sudah memiliki payung organisasi dalam bentuk yayasan yang diketuai oleh Irjen Pol Purn Drs Sujarno.
“Ketua Yayasan Jagratara adalah Irjen Pol Purn Drs Sujarno, yang pada saat Taruna Akpol menjabat sebagai Komandan Batalyon Korps Taruna Tingkat IV / Jagratara,” terang Ronny Sompie.

Sejumlah alumni Akpol 1984 juga telah melahirkan sejumlah tokoh penting Polri. Tercatat ada 7 (tujuh) anggota yang menyandang pangkat Bintang Tiga (Komisaris Jenderal Polisi), antara lain ;

1. Komjen Pol Purn Drs Budi Waseso (mantan Kabareskrim Polri, Kepala BNN RI dan Kabulog. Saat ini sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka).

2. Komjen Pol Purn Drs Putut Eko Bayu Seno (mantan Irwasum Polri)

3. Komjen Pol Purn Drs Lutfi Lubihanto (mantan Kabaintelkam Polri).

4. Komjen Pol Purn Drs Condro Kirono (mantan Kabaharkam Polri)

5. Komjen Pol Purn Drs Arif Wahyunadi (mantan Sestama Lemhannas RI)

6. Komjen Pol Purn Dr Moch Iriawan, SH., MH. (Mantan Sestama Lemhannas RI dan Ketua PSSI).

7. Komjen Pol Purn Drs Setyo Wasisto, SH. (mantan Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian RI).

Sedangkan yang berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Bintang Dua) dan Brigadir Jenderal Polisi (Bintang Satu) hampir 100 orang.

Jadi, tahun 2024 ini Jagratara sudah berusia 40 tahun. Halal bi Halal momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah ini juga diselenggarakan dalam rangka memperkuat silaturahmi diantara kami yang sejak tahun 1984 menjadi Perwira Polri sampai sudah memasuki masa purnawirawan sejak beberapa tahun yang lalu,” beber Ronny Sompie.

Tidak hanya Jagratara, kegiatan hahal bihalal ini pun dihadiri dan diramaikan oleh Paguyuban Jitis, yang merupakan para istri dari alumni Akpol 1984.

Ternyata acara reuni ini, selain menjadi ajang silaturahmi dan temu kangen, juga dinikmati menjadi acara healing.

“Tidak mudah untuk bisa bertemu dalam jumlah besar seperti tadi. Ada kawan-kawan yang berkesempatan datang dari Jatim, Jateng, DIY dan Jabar di acara Halal bi Halal saat ini. Bahkan ada sekitar 18 pasangan suami isteri yang telah menginap di tempat penginapan yang tersedia di Taman Wisata Wiladatika, “Ucap Ronny Sompie, sumringah.

Saya juga menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan panitia dan donatur atas sukses dan lancar terselenggaranya kegiatan ini, serta antara lain kepada Mas Budi Waseso, Mas Condro Kirono, Kang Moch Iriawan, Mas Soejarno, Mas Wahyu Adi, Mang Rum Murkal, Broer Sistersins Mamadoa, juga semua tim panitia Halal bi Halal,” pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan penyampaian sambutannya, Irjen Pol Purn Drs Sujarno mengatakan bahwa kegiatan halal bihalal dan reuni yang dilaksanakan untuk menjaga dan mempererat silaturahmi serta selalu bersyukur atas semua nikmat yang diberikan Allah SWT. (Yuyun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *