Buka KML Pondok Aren, Benyamin Davnie Ingin Nilai Pramuka Jadi Pembentuk Karakter Masyarakat

Rakyatmerdekanews.com, Tangsel – Meski tak lagi menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie meminta kepada para pembina Kwartir Ranting Pondok Aren untuk tetap memperkenalkan gerakan pramuka terutama nilainya kepada generasi muda.

Hal tersebut diungkapkan Benyamin saat membuka kegiatan Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Kecamatan Pondok Aren di Ruang Seminar Gedung III, Puspemkot Tangsel, Ciputat, pada Senin (29/04/2024).

Menurut Benyamin, nilai – nilai yang terdapat di dalam Dasa Darma Pramuka bisa menjadi strategi pembentukan karakter bagi masyarakat kota Tangerang Selatan. Pengadopsian nilai tersebut nantinya akan berdampak pada peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kota Tangsel.

“Pramuka menanamkan diri nilai kehidupan, yang ditanamkan itu ya nilai sepuluh dasa darma (pramuka). Bagaimana kita menjadi patriot dan sebagainya.Saya sangat berharap Pramuka akan menjadi sebuah strategi pembentukan karakter masyarakat kota Tangerang Selatan” tandasnya.

Lebih lanjut, Benyamin mengarahkan pengenalan gerakan dan nilai Pramuka ini nantinya harus disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini khususnya kepada generasi Alpha. Penyesuaian ini bertujuan agar nilai Pramuka lebih mudah diterima oleh anak muda.

“Saya mengajak melalui KML ini, yuk lakukan penyesuaian dengan peradaban, pergaulan, pengetahuan, pemahaman anak peserta didik kita. Kita yang harus menyesuaikan. Harus menjaga keseimbangan (dalam Pramuka) ini.” jelasnya.

Terakhir, Benyamin berharap melalui kegiatan KML ini dapat meningkatkan kapasitas Pembina Pramuka di kota Tangerang Selatan sehingga sesuai dengan semangat revitalisasi Gerakan Pramuka yang mampu menjadi motor pembentuk generasi muda yang kreatif, cerdas, mandiri, terampil, berkarakter serta bertaqwa.

Kegiatan KML ini diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tangerang Selatan serta Pusdiklatcab Madani Tangerang Selatan yang diikuti oleh 50 orang Pembina Pramuka.

Acara berlangsung selama 7 hari yaitu mulai dari tanggal 29 April 2024 sampai 5 Mei 2024. (Ratna)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *