HAMKAM  

Kodam IV/Diponegoro Menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kodam IV/Diponegoro Menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Semarang – Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis, M.D.A., memimpin pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Makodam, dengan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama serta Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro. Minggu (1/10/2023).

Makna dilaksanakannya Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur akibat kekejaman G30S PKI.

Seraya mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai tanda penghormatan, pembacaan Ikrar juga turut dilakukan sebagai bukti kebulatan tekad Bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. Dimana pernyataan tersebut sesuai dengan tema yang diangkat “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P., menjelaskan Upacara yang dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk seluruh Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro tersebut merupakan pengingat akan sejarah tetap tegaknya Pancasila sebagai ideologi bangsa hingga saat ini.

“Upacara yang digelar setiap tahunnya ini merupakan upaya agar kita semua senantiasa mengingat bagaimana Bangsa Indonesia dengan Pancasila-nya mampu menangkal segala ancaman yang merongrong khususnya dari pengaruh faham komunis. Akan selalu tercata dalam sejarah bahwa pada 30 September 1965 terjadi peristiwa penculikan, pembunuhan dan penganiayaan yang menyebabkan 7 Pahlawan Revolusi gugur”, Ucap Kapendam.

“Kini 58 tahun sudah berlalu sejak peristiwa tersebut terjadi, semoga seluruh Bangsa Indonesia dapat meneruskan kegigihan para Pahlawan dalam menjaga keutuhan Indonesia. Termasuk selalu ingat akan sejarah dan perjuangannya”, Ujar Kapendam.

(Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *