Mahakarya Madakaripura by Qabudayan di Tangerang Modest Fashion Week 2023

Rakyatmerdekanews.com – Malang – Nabiyla Biba merupakan desainer muda yang kembali menorehkan sebuah babak lain perjalanan karirnya bersama Qabudayan yang merupakan sebuah brand dari PT. Global Abadi Garmen. (01/07/23)

Melalui Tangerang Fashion Week 2023, dilansirlah sebuah koleksi bertema Madakaripura, yang berfokus pada pakaian wastra yang dapat digunakan sehari-hari maupun dalam acara formal.

Madakaripura merupakan tema yang dipilih oleh Qabudayan untuk Tangerang Fashion Week 2023. Ini merupakan pertama kalinya bagi Qabudayan setelah rilis brand baru untuk mengikuti sebuah ajang Fashion Week, yang berfokus di Wastra Nusantara yang di mix dengan Fashion Casual.

Qabudayan saat ini mengangkat tema Madakaripura yang terinspirasi dari Air Terjun Madakaripura yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Mada diambil dari nama Gajah Mada, Kari diambil dari kata Peninggalan, Pura diambil dari kata Tempat semedi atau Sembahyang.

Madakaripura sendiri merupakan sebuah tempat peristirahatan Gajah Mada pada masa peperangan dari Kerajaan Majapahit.

Filosofi dari batik ini adalah adanya sebuah lambang aliran air yang melambangkan energi air terjun itu sendiri dan pergerakan air yang mengalir dalam Madakaripura.

Motif ini menggambarkan kekuatan, kehidupan, serta keindahan alam. Kemudian adanya sebuah lambang Bunga Lotus dan Kupu-Kupu yang mencerminkan kehidupan dan keindahan yang tumbuh di sekitar air terjun yang menggambarkan keberagaman flora dan fauna serta perjalanan spiritual yang mungkin terjadi ditempat itu. Kemudian lambang Bebatuan yang indah dan unik, yang mencerminkan kekokohan dan keabadian alam, serta menampilkan tekstur dan pola bebatuan yang terdapat disekitar air terjun.

Motif yang digunakan oleh Koleksi Madakaripura itu sendiri merupakan perpaduan dari Batik Lukis dari lambang kehidupan Air Terjun itu sendiri, kemudian di mix dengan tiedye yang menggambarkan ketenangan dari aliran/gelombang air yang mengalir, serta adanya batik tulis biji pala agar keberadaan dari gajah mada yang terkenal akan sumpah palapa nya itu sendiri semakin terasa.

Yang dipadukan dengan manik-manik dan sedikit embroidery manik yang akan menambah nuansa elegan dan exclusive collection. Bahan yang digunakan juga menggunakan kain katun sutra, tisura, serta tambahan lainnya yang dapat digunakan sehari-hari.

Dengan shillouete A dan I Line. Style yang ditonjolkan dari koleksi ini adalah Classic,Casual, dan Urban.

Dalam koleksi ini mengusung warna-warna biru tua (Navy), Putih, Hitam yang mencerminkan ketenangan, kesucian, serta penuh misteri yang tak terkendali, kemudian diaplikasikan ke dalam 5 Looks yang terdiri dari 2 Koleksi Wanita dan 3 Koleksi Pria.

Nabiyla Biba, Fashion Designer dari Qabudayan menyampaikan, “Semoga koleksi kmi dapat diterima oleh seluruh penikmat fashion batik khususnya pecinta Wastra dan Batik Modern, karena koleksi kami dapat digunakan sehari-hari maupun didalam acara formal. Dan tidak hanya model dan koleksinya yang dapat diterima oleh seluruh audiens tetapi pesan dan makna yang disampaikan oleh koleksi Qabudayan saat ini.”

Seluruh Koleksi dari Qabudayan saat ini dapat digunakan sehari-hari dan dapat dipesan melalui Whatsapp yang tertera di Instagram Qabudayan itu sendiri. (Ratna)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *