HUKRIM  

Pengelolaan Sampah, Kolaborasi Polres Magelang Kota dan UNTIDAR

Pengelolaan Sampah, Kolaborasi Polres Magelang Kota dan UNTIDAR

Kota Magelang – Polres Magelang Kota Polda Jawa Tengah bersama-sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Tidar (UNTIDAR) Magelang menggelar pelatihan pengelolaan sampah bagi anggota Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini diadakan di aula Polres Magelang Kota pada hari Senin, 23 Oktober 2023.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M., Kepala LPPM UNTIDAR Magelang, Dr. Dra. Eny Boedi Orbawati, M.Si., Sekretaris LPPM UNTIDAR Magelang yang merangkap Plt. Koordinator Pengabdian UNTIDAR Magelang, Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., serta beberapa staf lainnya. Selain itu, sejumlah pejabat Polres Magelang Kota, termasuk Kabag SDM Kompol M. Choirul Anwar, S.H., Kabaglog AKP Joko Hero Agustiono, A.Pd., M.M., Kasat Intelkam AKP Abdillah Khoirul Muttaqin, S.H., M.M., Kasat Reskrim AKP Dwiyatno, S.E, M.M., Kasat Lantas AKP Krida Risanto, S.H., Kasat Binmas AKP Edi Suryono, S.H., M.H., Kapolsek Bandongan AKP Dimas Bagus Pandoyo, S.Pd., M.M., Kapolsek Magelang Utara Kompol Purwanto, S.H., M.H., Kapolsek Magelang Selatan, Kompol Moh. Buhrom, S.H., Kapolsek Magelang Tengah, AKP Tri Iwan Kusumo W, S.H., dan diikuti seluruh para Bhabinkamtibmas Polres Magelang Kota.

Kapolres Magelang AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M., menjelaskan pentingnya penanganan sampah secara bersama-sama sebelum menjadi masalah yang semakin kompleks. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya hasil dari kegiatan ini dan berharap agar sampah dapat dikelola dengan baik dan diubah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis dengan konsep branding industri sampah.

Sampah adalah masalah yang dihadapi diberbagai daerah. Oleh karena itu, penanganan sampah perlu menjadi prioritas untuk mengatasi permasalahan tersebut dan menghasilkan penghasilan tambahan bagi Bhabinkamtibmas dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan kegiatan ini, para Bhabinkamtibmas diharapkan dapat mengelola masalah di wilayah tugas mereka sambil menciptakan penghasilan tambahan untuk dijadikan sarana kontak untuk masyarakat sebagai upaya lebih dekat dengan masyarakat.

Kapolres juga mengajak peserta untuk berpikir lebih lanjut daripada tidak hanya menjadi pengepul sampah, tetapi juga mempertimbangkan manajerial dalam pengelolaan sampah. Dalam upaya ini, terdapat peluang besar yang dapat dimanfaatkan. Hal yang paling penting adalah bagaimana menjaga sampah yang ada untuk dikelola dengan baik agar bumi dan alam kita tetap terjaga dan lestari.

Kegiatan pelatihan juga mencakup penyampaian materi oleh narasumber, Bapak Adhi Surya Perdhana, S.P., M.Sc, seorang Dosen dari Fakultas Pertanian UNTIDAR Magelang, yang memberikan wawasan tentang pengelolaan sampah, khususnya dalam mengubah sampah organik menjadi kompos dengan menggunakan teknik kantong atau tas. Selain presentasi, pelatihan ini juga mencakup praktek pengelolaan sampah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta.

Dengan adanya kolaborasi antara Polres Magelang Kota dan Universitas Negeri Tidar dalam kegiatan ini, diharapkan akan ada peningkatan dalam pengelolaan sampah di wilayah tersebut, yang pada gilirannya akan memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *