Polresta Magelang Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Polresta Magelang Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Magelang – Anggota Polri dituntut untuk memiliki stamina dan kesehatan yang optimal agar selalu siap untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Sejalan dengan hal itu, Polresta Magelang menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) bagi seluruh personel Polresta dan Polsek jajarannya yang dilaksanakan di Komplek Polresta Magelang, Kamis (14/09/2023) pagi.

Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani yang digelar oleh Bagian SDM Polresta Magelang dilaksanakan secara berkala, yaitu setiap enam bulan sekali. TKJ ini wajib bagi seluruh personel Polresta Magelang dan polsek jajarannya, mulai dari jenjang perwira, bintara, dan para ASN yang berdinas di Polresta Magelang.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama beberapa hari sesuai jadwal tes peserta yang telah dibagi dalam beberapa sesi.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kabag SDM Polresta Magelang Kompol Nur’aini Rosyidah, S.E., S.I.K., menandaskan bahwa Tes Kesamaptaan Jasmani merupakan kegiatan rutin. Yaitu dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

Dikatakan Kabag SDM, TKJ bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik dan kebugaran jasmani personel Polri. Sehingga diharapkan personel memiliki kesehatan dan kebugaran yang baik.

“Sehingga selalu siap menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan maksimal,” jelasnya.

Sebelum melaksanakan rangkaian TKJ, seluruh personel perlu melakukan pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh Sie Dokkes Polresta Magelang, untuk memastikan kondisi kesehatan para peserta. Pengecekan kesehatan di antaranya meliputi pengecekan tinggi badan, berat badan, dan pemeriksaan tekanan darah.

Usai melakukan pemeriksaan kesehatan, personel akan melaksanakan lima jenis tes di antaranya lari 12 menit yang diawali dengan pemanasan. Kemudian dilanjutkan dengan pull up, sit up, push up, dan shuttle run.

Sementara salah satu peserta TKJ, yakni Kapolsek Grabag AKP Mulyanto, S.H., M.M., ketika diminta keterangannya menjelaskan bahwa ia telah melaksanakan TKJ dengan lancar.

“Tes kesamaptaan jasmani hari ini berjalan dengan lancar. Saya berharap melalui pelaksanaan tes ini seluruh personel mampu menjaga kesehatan fisiknya sehingga bisa optimal dalam bertugas,” ucap AKP Mulyanto.

Melalui pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani Polresta Magelang yang rutin dilakukan secara berkala, diharapkan dapat menjadi barometer dan evaluasi dari kondisi kesamaptaan personel Polresta Magelang. Selain itu, dapat menumbuhkan inisiatif personel untuk berkomitmen menjaga kesehatan dan kebugaran jasmaninya agar tetap prima. Sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok kepolisian dengan baik sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *