HUKRIM  

Polresta Magelang Lakukan Pembinaan Stop Bullying di SMP Negeri 1 Borobudur

Polresta Magelang Lakukan Pembinaan Stop Bullying di SMP Negeri 1 Borobudur

MAGELANG — Polresta Magelang terus melakukan pencegahan tindak kekerasan, termasuk seperti yang akhir-akhir ini di beberapa daerah marak dilakukan kalangan remaja atau pelajar. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Pembinaan dan Penyuluhan “Stop Bullying” di SMP Negeri 1 Borobudur yang berlokasi di Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (06/10/2023).

Kegiatan yang diikuti siswa Kelas VII dan VIII ini bertujuan untuk mencegah insiden bullying yang dapat merugikan siswa. Selain itu guna mencegah penyebaran fenomena tersebut di Kabupaten Magelang khususnya di wilayah Borobudur.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kapolsek Borobudur Polresta Magelang Polda Jawa Tengah AKP Marsodik, S.H. diwakili Iptu Komedi, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Borobudur Badrun Munir beserta dewan guru, serta Aiptu Agus Susilo selaku Babhinkamtibmas Desa Bumiharjo. Sekitar 300 siswa dari kelas VII dan VIII turut hadir untuk mengikuti pembinaan ini.

Dilokasi terpisah Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah melalui Kapolsek Borobudur AKP Marsodik S.H., saat dihubungi menyampaikan dalam pembinaan ini, beberapa materi penting disampaikan kepada siswa. Di antaranya adalah: 1) Stop Bullying, peserta diajarkan untuk menghentikan segala bentuk penghinaan dan perlakuan buruk terhadap sesama siswa yang dapat melukai hati.

Kemudian, 2) Hindari Kekerasan Fisik, dalam materi ini siswa diingatkan untuk menjauhi tindakan fisik seperti menendang, mencubit, atau memukul, baik di dalam maupun di luar sekolah. Materi selanjutnya, 3) Hindari Mengolok-Olok, tindakan mengolok-olok harus dihindari agar tidak memicu pertengkaran di antara siswa yang dapat berujung pada kasus bullying.

“Acara ini diselenggarakan dengan harapan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi semua siswa khususnya di SMP Negeri 1 Borobudur,” jelas Kapolsek Borobudur.

Di lokasi kegiatan, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Borobudur, Badrun Munir, turut memberikan dukungan atasupaya Polresta Magelang dalam pencegahan bullying tersebut.

“Semoga dengan pembinaan ini, siswa dapat lebih memahami pentingnya menghormati sesama dan menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan aman. Stop bullying, start respecting!” ucap Badrun Munir. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *