Puncak Perayaan HUT ke-78 RI, Pemkot Bekasi Gelar ‘Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023’

Rakyatmerdekanews.com, Bekasi, — Dalam rangka puncak perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023, acara berlangsung meriah di sepanjang Jl. Ahmad Yani, dari pukul 06.00 WIB s/d pukul 11.00 WIB, Minggu (20/08/2023).

Kegiatan diawali dengan penampilan Marching Band Tajimalela 202 lalu disambut Kirab Bendera Merah Putih oleh unsur TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP, disambung dengan arak-arakan Plt. Wali Kota Bekasi beserta istri dengan menggunakan kereta kencana khas solo. Di Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 ini banyak penampilan yang disajikan totalnya mencapai kurang lebih 18 jenis penampilan.

Penampilan kebudayaan Nusantara pun tidak kalah memukau, mulai dari Tari Ronggeng Beken yang dibawakan oleh 3000 Siswi se- Kota Bekasi, penampilan 12 Tarian Khas Nusantara yang ditampilkan oleh seluruh Sanggar Kesenian yang ada di Kota Bekasi, lalu ada Atraksi Polisi Cilik dari Polres Metro Bekasi Kota yang akan mengikuti kompetisi Tingkat Nasional, ada juga Atraksi Lompat Batu Khas Kepulauan Nias, juga ada Parade Pakaian Daur Ulang Hias sebagai salah satu bentuk upaya pengurangan sampah di Kota Bekasi, serta lebih banyak lagi sajian penampilan kebudayaan Nusantara lainnya.

Tidak ketinggalan, Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 juga menghadirkan pawai mobil hias dengan tema dan desain yang menarik dan ikut serta juga para aparatur dalam setiap Peringkat Daerah sebagai peserta pawai yang mengenakan Baju Adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Abi Hurairah mengajak warga Kota Bekasi untuk hadir langsung menyaksikan karnaval tersebut.

“Sebagai salah satu langkah melestarikan Budaya dan sebagai perwujudan Kota Bekasi yang multikultural, Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 hadir dipersembahkan dengan spesial bagi seluruh warga Kota Bekasi dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI,” jelasnya.

“Spesialnya, sebab Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 tercatat sebagai salah satu rangkaian acara Road to West Java Festival,” ujar Abi.

Terlebih lagi, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkesempatan hadir di tengah kemeriahan Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 yang disambut hangat oleh peserta pawai dan tentunya masyarakat Kota Bekasi.

“Sebuah gelaran kebudayaan yang luar biasa, berbagai macam penampilan ada di sini, yang berperan besar dalam menjaga kekayaan budaya Nusantara agar tetap lestari, sehingga dikenal dan dikenang oleh semua kalangan usia sepanjang masa, dan apresiasi sebesar-besarnya diberikan kepada Mas Tri dan seluruh jajarannya, serta tentunya sebuah kebanggan dapat melihat langsung antusias masyarakat Kota Bekasi yang telah memeriahkan gelaran ini,”tegas Kang Emil saat sambutan.

Disisi lain Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menambahkan, dengan rasa bahagianya atas suksesnya penyelenggaraan Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 ini, yang melibatkan ribuan penampil dan puluhan penampilan kebudayaan Nusantara sebagai wujud harmonisasi dan wujud keberagaman di Kota Bekasi.

“Kota Bekasi adalah kota yang heterogen, yakni masyarakatnya terdiri dari beragam suku, ras, dan agama. Selain sebagai upaya melestarikan budaya Nusantara, _Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023_ juga hadir sebagai wujud kerukunan dan toleransi serta multikulturalisme di Kota Bekasi yang musti bersama kita jaga dan junjung tinggi, agar bersama senantiasa hidup didalam sebuah keharmonisan tanpa ada perselisihan, karena kita semua Warga Negara Indonesia yang Bhinneka Tungga Ika, Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu!”tutup Tri. (And21)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *