Rayakan Hari Ibu 2023, Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN: Perempuan Menjadi Motor Penggerak dan Motor Perubahan

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta – Momen Hari Ibu tahun 2023 diperingati Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan mengadakan Talkshow yang melibatkan para srikandi ATR/BPN. Hal ini sekaligus menampilkan bahwa perempuan masa kini perannya semakin signifikan, termasuk dalam perkembangan dunia digital.

Begitulah yang ditekankan oleh Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto saat membuka talkshow bertemakan “Perempuan Berdaya Indonesia Maju; Menyongsong Indonesia Emas 2045”, pada Kamis (21/12/2023). Ia menyatakan, srikandi ATR/BPN banyak yang sudah menempati posisi dan tugas penting.

“Saya bangga melihatnya, perempuan dapat menjadi motor penggerak dan perubahan Kementerian ATR/BPN ke arah yang lebih baik. Ini membuktikan bahwa perempuan mampu ketika diberi tanggung jawab besar,” ungkap Nanny Hadi Tjahjanto di lokasi talkshow di Gedung Sarinah, Jakarta.

Salah satu srikandi yang memiliki peran penting di Kementerian ATR/BPN ialah Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati. Dalam kesempatan ini, ia menyebut bahwa Indonesia diperkirakan menjadi negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ke-5 di dunia pada tahun 2045. Ini juga bisa membuka peluang bagi perempuan untuk berkontribusi menyongsong terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Lebih lanjut ia mengatakan, tahun 2045 mendatang Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Sebanyak 70% penduduk Indonesia berada dalam usia produktif, yaitu 15-64 tahun. “Dan di sinilah peran perempuan sebagai ibu menjadi sangat penting. Mengingat ibu adalah tempat pendidikan pertama bagi anak, yang kelak akan menjadi para calon pemimpin bangsa,” tutur Yulia Jaya Nirmawati.

Bukan hanya pendidik, ia pun sepakat bahwa perempuan mampu menjadi agen perubahan dalam berbagai sektor pembangunan negara. “Terbukti bahwa perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, perempuan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan,” sebut Yulia Jaya Nirmawati.

“Perempuan memiliki kontribusi besar dalam pembangunan sosial, ekonomi dan budaya. Selain itu, peran perempuan semakin terlihat dan dihargai dalam dunia digital,” tambah Yulia Jaya Nirmawati.

Kepada para srikandi ATR/BPN, dalam momen peringatan Hari Ibu ini Yulia Jaya Nirmawati berpesan, “Mengingat semua layanan sudah menuju digital, artinya kita perempuan harus terus meng-upgrade diri, baik pengetahuan juga kemampuan. Karena, penguasaan media digital menjadi modal penting dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Pada kesempatan ini disosialisasikan juga sertipikat tanah elektronik yang telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 4 Desember 2023 lalu.

Adapun hadir sebagai narasumber dalam talkshow, Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangerang Selatan, Shinta Purwitasari; Kepala Kantah Kabupaten Bogor I, Yuliana; Kepala Bidang Tata Kelola dan Infrastruktur Teknologi dan Informasi, Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Ani Sunarti; serta Kepala Subdirektorat Pemeliharaan Hak Atas Tanah dan Ruang, Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Ana Anida.

Hadir dalam kegiatan ini, para Pejabat Administrator di lingkungan Kementerian ATR/BPN; Pengurus Pusat IKAWATI Kementerian ATR/BPN beserta jajaran; perwakilan Pengurus IKAWATI Kementerian ATR/BPN se-Jabodetabek, perwakilan Ketua IKAWATI dari beberapa provinsi beserta anggota, Sekum dan Kabid IPPAT beserta anggota . (Tien)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *