SMK Negeri 2 Tangsel Gelar Kolaborasi Budaya Nusantara Sebagai Project Mapel Pendidikan Pancasila

RMNews, Kota Tangerang — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan Kolaborasi Budaya Nusantara sebagai Project Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila, pada kamis (15/02/2024).

Dengan mengusung tema kegiatan “Menyelami dan Menggali Keberagaman Indonesia Melalui Pertunjukan Tradisional dan Lokakarya Kolaboratif”. Acara di buka langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Tangsel Dr. Akhmad Basuni S.Pd.I.,M.Pd dan di ikuti oleh peserta didik dari kelas X dan XI.

Ketua Panitia Acara Irma sekaligus Guru Mapel Pendidikan Pancasila kepada awak media mengatakan “SMK Negeri 2 Kota Tangsel pada hari menggelar acara Kolaborasi Budaya Nusantara yang merupakan bagian Project Mapel khususnya di Mapel Pendidikan Pancasila, elemennya yaitu bhinneka tunggal ika, Project ini melibatkan seluruh siswa-siswi kelas XI. “Ujar Irma.

Ia menambahkan, tujuan digelar Kolaborasi Budaya Nusantara yaitu apresiasi kepada budaya dan meningkatkan rasa kerjasamanya anak dan memiliki budaya Nusantara yang ada di Indonesia.

“Jadi anak-anak selain tau teorinya juga mampu mempraktekkannya, selain itu untuk melatih kerjasama tim untuk menampilkan acara ini effortnya sangat besar sekali. “Pungkasnya.

Irma pun Berharap, kedepannya ini menjadi pembelajaran anak, dan mereka mengerti bahwa ada begitu banyak budaya yang ada di Indonesia, selain mereka mengenali, mengerti kemudian mereka menyadari bahwa semua berbeda suku, adat istiadat, dan tradisi kemudian setelah menyadari maka timbul rasa saling menghormati satu sama lainnya. “Tutupnya.

Kolaborasi Budaya Nusantara di isi dengan berbagai pertunjukan diantaranya paduan suara, lagu daerah dan Kostumnya, pernikahan adat Jawa serta proses-prosesinya, pernikahan adat Betawi serta proses-prosesinya seperti silat, dan palang pintu. (Yuyun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *